Thursday, August 30, 2012

COURSE OUTLINE Administrasi dan Supervisi Pendidikan

COURSE OUTLINE
Mata Kuliah            : Administrasi dan Supervisi Pendidikan
Jurusan                    : Tarbiyah                  
Prodi                         : Kependidikan Islam
Semester  /SKS        : IV (empat) /3
Dosen                        : Drs.H.Yahya.M.Pd
A.Diskripsi Mata Kuliah.
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep administrasi dan supervise pendidikan ,konsep tentang kepemimpinan ,dan dalam rangka mencapai  proses hasil belajar mengajar yang baik serta mencapai hasil kerja yang maksimal dengan efesien serta efektif.
B. Tujuan
Agar mahasiswa memahami serta mengerti dan mampu mengaplikasikan dalam bekerja terutama tentang administrasi,supervise serta menjadi seorang pemimpin yang baik sehingga dalam melaksanakan pekerjaannya dapat mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan tujuan telah ditetapkan.
C.Materi.
1.Pengertian administrasi dan adminiatrasi pendidikan serta dasar administrasi.
2. Tujuan dan ruang lingkup garapan administrasi.
3. fungsi-fungsi  pokok administrasi pendidikan.
4. Latar belakang lahirnya supervise dan pengertian supervise pendidikan.
5. Tujuan dan fungsi supervise pendidikan
6. Jenis supervise dan prinsip supervise pendidikan
7.Cara melaksanakan supervise pendidikan
8. Langkah umum dalam supervise pendidikan
9. Konsep kepemimpinan dan definisi kepemimpinan
10.Dimensi kepemimpinan
11.Pendekatan dan model kepemimpinan
12.Tipe atau gaya serta sifat kepemipinan
13. Kepemimpinan Kepala sekolah dan tanggung jawab kepala sekolah.
14. Midel tes (Kuis).
D.Rencana perkuliahan.
No. : Pertemuan: Hari               : Jam                      : Materi
1.    I           :Selasa             :07.30-10.00    : Pengertian administrasi dan administrasi
                                                            pendidikanDan dasar administrasi
2.    II          :Selasa             :07.30-10.00   : Tujuan dan Ruang lingkup administrasi
3.   III         :Selasa             :07.30-10.00    :Fungsi  Pokon administrasi pendidikan
4.   IV         :Selasa             :07.30-10.00    :Latar belakang supervise & pengertian supervise
5.   V           :Selasa             :07.30-10.00    : Tujuan dan fungsi Supervisi pendidikan
6.   VI         :Selasa             :07.30-10.00    : Jenis supervise & prinsip supervise pendidikan
7.   VII        :Selasa             :07.30-10.00    ; Cara melaksanakan supervise pendidikan
8.   VIII      :Selasa             :07.30-10.00    :langkah umum dalam supervise pendidiklan
9.   IX         :Selasa             :07.30-10.00    : Konsep dan defenisi kepemimpinan
10.  X         :Selasa             :07.30-10.00    : Dimensi kepemipinan
11.  XI        :Selasa             :07.30-10.00    : Pendekatan atau model kepemipinan
12.  XII      :Selasa             :07.30-10.00    : Tipe atau gaya serta sifat kepemipinan
13.  XIII     :Selasa             :07.30-10.00    :Kepemipinan & tanggung jawab kepala sekolah
14.  XIV     :Selasa             :07.30-10.00    :Midel test (kuis)
           E.Pendekatan dan strategi pembelajaran
            Dalam prosen pembelajaran menggunakan pendekatan andragogi  (pembelajaran orang dewasa)yaitu dengtan menggali pengetahuan dan pengalaman mahasiswa ,dalam strategi pembelajaran  menggunakan active learning,yaitu memungkinkan mahasiswa berperan aktif dalam  proses perkuliahan.
           F.Ketentuan Makalah.
1. Makalah berisikan pendahuluan yang berisi tentang latar belakang ,masalah ,isi dan penutup
2. Makalah harus mencantumkan sumber refernsi minimal 6 buku
3. Makalah minimal 6 halaman
4. Makalah untuk dosen pengasuh satu dan arsip satu.
           G. Bahan Bacaan/referensi
Abdul Rasyid Dkk.Personal Guru dan Karyawan.Semarang.Depdiknas.2006
Abin Syamsuddin Makmun.Psychologi pedndidikan.Bandung.PT Rosda Karya Remaja.2003
Burhanuddin Yusak.Administrasi Pendidikan.Bandung.Balai Pustaka.2005
Daryanto.Administrasi Pendidikan.Jakarta,Renika Cipta.1998
Fidarta Made.Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan.Jakarta.Balai Pustaka.1999
Nawawi Haderi.Administrasi Pendidikan.Jakarta.gunung Agung.1997
Purwanto Ngalim.Administrasi dan supervise Pendidikan.Bandung.PT Rosda Karya Remaja.2007
Purwanto Dkk. Pedoman Khusus Bimbingan konseling.Jakarta.Dekdiknas.2004
Sahertian Dkk.Prinsip dan tehnik Supervisi Pendidikan.Bandung.Pustaka Setia.1994

0 comments

Post a Comment